Senin, 29 Oktober 2012

STAR OF THE MONTH



Oleh : Fahmi Irhamsyah, S.Pd (Wakasis SMAI NFBS)
Tiap manusia Allah hadirkan ke muka Bumi dalam keadaan unik dan memiliki kekhasan sehingga selalu ada perbedaan dalam diri tiap manusia, bahkan anak kembar sekalipun tetap ada sisi perbedaan di antara mereka. Dalam menghadapi keunikan anak, Howard Gardner sang tokoh pendidikan dan pakar psikologi perkembangan mengeluarkan teori Multiple Intelligencia, ia mengatakan bahwa tiap anak memiliki intelegencia yang berbeda-beda sehingga kita tidak bisa membatasi bahwa anak yang cerdas hanya yang memiliki nilai Matematika seratus, sebab jika yang dianggap cerdas hanya terbatas pada penilaian Matematika saja, lantas bagaimana dengan anak yang pandai dalam bidang olah raga, keagamaan dan musik? Apakah mereka tidak cerdas? Dalam teori Multiple Intelligencia Howard Gardner, seluruh anak tersebut masuk dalam kategori cerdas.
Nurul Fikri Boarding School sebagai sekolah Islami mencoba menyusun konsep Manusia pemimpin dalam bingkai psikologis CSM yakni Cerdas, Sholeh dan Muslih. Ini menambahkan dua variabel dari teori Howard Gardner yakni Soleh dan Muslih sehingga NFBS diharapkan selalu mampu melahirkan pemimpin-pemimpin baru yang tidak hanya Cerdas secara Fikiran, tapi ia juga Soleh yakni senantiasa mendekatkan diri mereka kepada Allah, takut jika melanggar perintahnya dan senantiasa menjauhi larangan-Nya. Selain itu didikan NFBS diharapkan juga memiliki sifat Muslih, yakni mereka mampu mengaplikasikan kesholehan dan kecerdasan yang dimiliki untuk membangun kesadaran dan perbaikan keluarga, masyarakat kemudian negara.
NFBS senantiasa memberikan apresiasi pada seluruh kebaikan yang dimunculkan oleh santri, jika sebelumnya apresiasi diberikan dalam tiap semester pada ajang NFBS Award Day, maka tahun ini SMAI NFBS mencoba memberikan apresiasi pada santri yang masuk kategori CMS satu bulan satu kali dengan sebuah program bernama Star Of The Month. Mekanismenya seluruh santri berhak untuk mengajukan dirinya atau diajukan oleh orang lain untuk mendapatkan apresiasi dari lembaga berupa Pin Star Of The Month, Sertifikat dan uang pembinaan dengan total Rp. 200.000 per bulan. Adapun kategorinya adalah sebagai berikut :
Cerdas
1. Minimal 3 UH dapat nilai 100 atau nilai terbaik dalam 3 mata pelajaran
2. 3 Besar dalam kompetisi ilmiah/Seni/Olah Raga yang diselenggarakan oleh Diknas maupun non diknas Tingkat Kabupaten-Internasional
3. Ranking 3 Besar Raport Semester
Sholeh (atas rekomendasi Binsan)
1. Tilawah terbanyak, hafalan bertambah banyak, Qiamullail
2. Mengembalikan barang temuan
3. Terajin ke Masjid dalam 1 bulan
4. Pakaian sesuai syariat Islam
5. Terajin Shalat Duha di Kelas atau Masjid
6. Tidak pernah terkena SP pada tahun ajaran 2012-2013 dan bersedia mengembalikan hadiah bila dalam TA 2012-2013 terkena SP
Muslih (atas rekomendasi Binsan dan Tim Adiwiyata)
1. Memberikan nasihat pada kawan
2. Melaporkan pelanggaran kawannya pada tim Kedisiplinan atau Kesiswaan
3. Menyerahkan barang llegal pada Tim Kedisiplinan atau Kesiswaan
4. Peduli lingkungan sekitar NFBS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar