Senin, 08 Oktober 2012

Guru SMAI NFBS Di OSN Guru Tingkat Nasional


Serang (19/09) – Alhamdulillah, salah seorang guru SMAI NFBS lolos ke Olimpiade Sains Nasional (OSN) Guru tingkat Nasional yang digelar di Park Hotel – Jakarta, 2-8 September 2012. Beliau adalah Ustadzah Wiwi Rabiatul Adawiyah, S.Si yang dalam kesehariannya bertugas mengajar mata pelajaran Matematika di SMAI NFBS. Tahun ini merupakan tahun kedua pelaksanaan OSN guru. NFBS mengirimkan delegasinya dengan harapan dapat semakin meningkatkan motivasi dan kompetensi tenaga pengajarnya.
SMAI NFBS mengirim tiga orang guru ke OSN tingkat Kabupaten yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang yang diikuti oleh sekitar 40 orang tenaga pengajar se-Kabupaten serang meliputi mata pelajaran Matematika, Fisika dan Kimia (SMA) serta Matematika dan IPA (SMP). Dua orang guru SMAI NFBS berhasil mendapatkan peringkat pertama OSN Kabupaten dan lolos ke tingkat Provinsi.
Di tingkat provinsi, sistem penilaiannya adalah semua hasil lomba dikumpulkan secara nasional untuk kemudian dilakukan pemeringkatan, di mana 20 nilai tertinggi berhak mengikuti OSN tingkat Nasional. Dalam final tingkat nasional yang berlangsung selama sepekan itu juga diselingi dengan berbagai kegiatan pendidikan, seperti : wisata edukasi, seminar nasional serta penampilan para juara OSN guru tahun lalu serta juara lomba kreativitas guru.
Adapun aspek penilaian OSN guru tahun ini adalah ujian teori secara tertulis, penilaian pembuatan bahan ajar, micro teaching, penilaian makalah (risalah akademik) yang dibuat peserta lomba sebelum final itu diselenggarakan dan terakhir adalah penilaian karya ilmiah. Karena informasi tentang pembuatan karya ilmiah tidak sampai NFBS, maka hal itu tidak dipersiapkan sebelumnya dan mengurangi nilai secara signifikan. Dalam kesempatan OSN tahun ini NFBS belum berhasil keluar sebagai juara.
Evaluasi yang harus dilakukan di tahun-tahun mendatang adalah persiapan yang harus lebih matang lagi, bisa mendatangkan trainer khusus atau cara lainnya serta pencarian informasi lomba yang lebih rinci sehingga tidak terjadi lagi kesalahan informasi. Semoga di tahun mendatang dapat meraih hasil yang lebih maksimal. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar