Senin, 08 Oktober 2012

PPBN SMAI NFBS ; Pembelajaran Bela Negara Sejak Dini


Oleh : Fahmi Irhamsyah (wakasis SMAI NFBS)
Sebagai negara dengan julukan Jambrud Katulistiwa yang mengandung kekayaan alam tak terhitung serta jumlah pulau yang hampir mencapai angka 18.000 pulau, maka Indonesia sangat rentan terhadap berbagai ancaman keamanan. Baik ancaman negara maupun non negara (Asymetric war), ancaman tersebut dapat berupa ancaman perang senjata maupun non senjata seperti invasi budaya, sains, teknologi maupun rumpun ilmu pengetahuan lainnya yang ditujukan untuk mengeruk kekayaan alam bangsa kita. Dalam konteks ini pertahanan negara harus secara simultan senantiasa diperbaharui agar mampu mengimbangi perkembangan ancaman keamanan.
Untuk menjaga stabilitas nasional maka andil seluruh stakeholder bangsa perlu dioptimalkan. Salah satu sektor yang juga sangat potensial menjaga kemanan negara dari dari ancaman non perang adalah sektor pendidikan. Mengapa? sebab pendidikan sangat efektif dalam membentuk karakter sebuah bangsa, karakter inilah yang kemudian secara otomatis menjaga sebuah bangsa dari ancaman invasi budaya sehingga karakter bangsa dapat tetap terjaga.
Oleh karenanya, pengenalan terhadap pendidikan cinta tanah air harus dilakukan sedini mungkin melalui pendidikan. Salah satu alasan ini pula yang menyebabkan kementrian Pendidikan dan Kebudayaan hari ini sangat concern terhadap Pendidikan Karakter Bangsa (PKB).
Sebagai respon terhadap kebijakan implementasi PKB dalam ranah sekolah, Nurul Fikri Boarding School selalu melakukan terobosan-terobosan baru dan membangun kerja sama dengan berbagai Instansi yang concern dan care terhadap dunia pendidikan khususnya pendidikan karakter. Salah satu buah dari kerjasama yang telah dirajut sejak berdirinya NFBS, Alhamdulillah kini NFBS kembali melaksanakan Bimtek Pendidikan Karakter Bangsa untuk para guru NFBS dan juga beberapa guru sekolah mitra NFBS dilingkungan Kab. Serang, kegiatan ini terselenggara atas dukungan penuh dari Kementrian pendidikan dan kebudayaan.
Selain bimtek PKB, tahun ini NFBS menjalin kerja sama dengan Korem 064/Maulana Yusuf Provinsi Banten untuk melaksanakan PPBN (Pendidikan Pendahuluan Bela Negara) untuk 200 siswa SMAI NFBS. Program ini relevan dengan dengan butir-butir karakter dalam PKB yakni karakter cinta tanah air, peduli lingkungan dan sosial. Selain itu, salah satu tujuan besar dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah memunculkan kesadaran para santri agar memiliki rasa cinta tanah air dan kesadaran berbangsa, serta agar seluruh santri NFBS memiliki kemampuan awal bela Negara.
Sejalan dengan visi besar NFBS yakni membentuk imamul muttaqin, maka dalam kegiatan yang akan berlangsung pada tanggal 22-24 oktober 2012 ini santri akan mendapatkan berbagai macam materi dengan metode klasikal dalam ruangan (indoor) maupun out door. Untuk materi dalam ruangan, santri akan mendapatkan beberapa materi dari berbagai narasumber yang kompeten dibidangnya.
Hasil rapat terakhir yang dilakukan pada hari Jumat 28 September 2012, santri akan mendapatkan materi dari beberapa perwakilan instansi dilingkungan provinsi Banten. Dari unsur militer santri akan mendapatkan beberapa materi seperti wawasan kebangsaan, pengantar bela negara, ketahanan nasional, pancasila dan sejarah perjuangan bangsa. Dari Polda Banten santri akan mendapatkan materi tentang kenakalan remaja dan budi pekerti serta kepemimpinan. Dari tokoh masyarakat santri akan mendapatkan materi lifeskill dengan tema kewirausahaan, dan dari BNN santri akan mendapatkan materi bahaya narkoba serta pengetahuan kesehatan. Untuk kegiatan outdoor panitia PPBN telah melakukan komunikasi dengan Pramuka ditingkat Kwarda Banten untuk mengelola kegiatan tersebut.
Selain berbagai materi, panitia PPBN pun telah berkomunikasi dengan delegasi dari kepolisian dan kementrian pertahanan untuk memberikan pengetahuan tambahan tentang proses masuk untuk menjadi taruna di Akademi Kepolisian, Akademi Militer maupun Universitas pertahanan. Dengan begitu diharapkan kelak pengetahuan santri makin bertambah dan lebih banyak pilihan untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus dari NFBS. Sebagai bentuk penjernihan hati, dalam PPBN inipun panitia akan melakukan muhasabah malam. Karena cukup padatnya agenda ini maka kami panitia PPBN memohon doa pada seluruh orang tua santri dan pembaca agar kegiatan ini dapat berjalan maksimal dan berbuah kebaikan, yakni munculnya tunas-tunas muda harapan bangsa yang akan memimpin negeri ini dengan tetap berpegang pada Al-Qur'an dan As-Sunnah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar