Senin, 08 Oktober 2012

NFBS Menuju Sekolah Adiwiyata


Serang (18/09) – Kondisi lingkungan alam saat ini yang begitu memprihatinkan menuntut kita untuk lebih berperan aktif dalam menjaga dan menanggulangi kerusakannya. NFBS sebagai institusi pendidikan yang bercita-cita melahirkan kader-kader pemimpin bangsa yang beriman sesuai dengan motto-nya “Waj’alna Lil Muttaqina Imama” merasa berkewajiban untuk turut berperan serta dengan cara membangun sekolah berwawasan lingkungan.
Pada hari Senin kemarin, 17 September 2012 SMAI NFBS me-launching program sekolah Adiwiyata yaitu program milik Kementerian Lingkungan Hidup. Dalam usaha menjalankan program tersebut, NFBS khususnya SMAI telah merancang langkah-langkah yang akan dilaksanakan, diantaranya: membuat kebijakan, mengembangkan kurikulum, kegiatan partisipatif, maupun pengembangan sarana dan prasarana yang ramah lingkungan.
Tujuan besar program ini adalah menjadikan sekolah sebagai tempat ideal untuk menimba ilmu pengetahuan dan teknologi serta sebagai tempat untuk menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai moral dan etika keislaman.

Rencana kegiatan pun sudah tersusun rapih untuk dilaksanakan dalam jangka waktu 4 tahun ke depan. Dalam hal pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, NFBS akan melakukan pengembangan visi dan misi sekolah adiwiyata serta terus mensosialisasikan visi misi ini dengan berbagai media, mengembangkan pembelajaran pendidikan lingkungan hidup (PLH), pengembangan kapasitas SDM di PLH, pengembangan sekolah untuk terciptanya lingkungan sekolah yang sehat dan bersih serta pengembangan alokasi dana untuk kegiatan PLH.
Selain itu untuk pembenahan kurikulum yang lebih menekankan aspek lingkungan hidup akan dilakukan. Beberapa rencana yang siap dilaksanakan antara lain: penambahan materi lingkungan hidup dalam KBM, pengembangan metode belajar lingkungan hidup dan pelaksanaan kegiatan untuk menambah pengetahuan lingkungan hidup, mebangun kemitraan dengan pihak lain dalam bidang lingkungan hidup serta perbaikan sarana prasarana agar lebih mendukung kesuskesan program ini demi terselamatkannya lingkungan tempat kita tumbuh dan berkembang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar