Senin, 02 Desember 2013

Ketua OSIS SMAI NFBS Jadi Ketua Sidang Parlemen Remaja DPR-RI 2013

Jakarta – Muhammad Fadel Yulian Maulido, Ketua OSIS SMA Islam NFBS masa bakti 2013/2014 terpilih sebagai Ketua Sidang Pengawasan pada simulasi rapat kerja Komisi X yang membahas pengawasan pelaksanaan UU Kepemudaan di Gedung DPR-RI Senayan, Jakarta. Simulasi sidang dilakukan pada tanggal 29 Oktober 2013. Fadel adalah satu dari sekitar 130 siswa yang terpilih menjadi anggota Parlemen Remaja 2013.
Sebelumnya para peserta Parlemen Remaja 2013 memasuki karantina persiapan di Griya Sabha DPR RI di Kopo, Cisarua, Bogor dengan diisi pembekalan materi oleh beberapa anggota DPR RI dengan tema “Dari Pemuda Untuk Bangsa” yang merupakan esensi Undang-undang Kepemudaan yang telah ditetapkan pada tahun 2009, lalu mekanisme pengambilan keputusan dalam sidang, serta mengenal tugas, fungsi, dan wewenang DPR RI. Selain itu diberikan pula materi terkait dengan kepemudaan yang diselingi dengan sesi tanya jawab. lalu, diisi dengan kegiatan menyenangkan seperti dinamika kelompok dan senam pagi bersama agar terjalin kekompakan dan persahabatan walaupun berbeda suku, agama, dan budaya antar peserta.
Kegiatan terakhir adalah mengadakan latihan simulasi rapat untuk persiapan di Gedung DPR RI yang direncanakan berlangsung 3 sesi, yaitu : paripurna, pengawasan dan legislasi. Bersyukurnya, pada kesempatan kali ini, Karena dinilai dari segi keaktifan dan kemampuan, Fadel terpilih dan diamanahkan sebagai Ketua Sidang Pengawasan. Jadi, sejak di Kopo, diadakan latihan simulasi untuk mempersiapkan simulasi di Gedung DPR RI, dengan dibukanya sidang yang ditandai dengan ketokan palu oleh Fadel, sidang pun berjalan efektif dan lancar selama 2 jam. Walaupun dengan berbagai perdebatan dan banjir interupsi dari anggota dewan Parlemen Remaja.
Lalu, setelah kegiatan pembekalan di Wisma Kopo selesai, tibalah hari yang ditunggu, yaitu menuju gedung DPR RI untuk melakukan simulasi sidang yang acaranya dibuka oleh Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso. Perjalanan dari Kopo ke Jakarta dikawal oleh sejumlah mobil Polisi danVoorijder sehingga perjalanan pun aman dan tidak terlalu macet. Setelah dibuka acaranya, diadakan sesi foto didepan Gedung Parlemen serta diadakan tour building untuk mendapatkan pengetahuan seputar gedung DPR.
“seru, bisa mendapat pengalaman menjadi ketua sidang, dan pertama kali mengetok palu sidang secara resmi dan memimpin sidang. Yang tak kalah pentingnya lagi, bisa bertemu dan bersahabat dengan teman-teman se-Indonesia, walaupun berbeda suku, agama, budaya, tapi kita tetap bisa bersatu menjalin persahabatan yang baik, semoga tahun depan adik kelas bisa terpilih dan lolos mengikuti kegiatan penting ini” ujar Fadel setelah mendapat pengalaman tak terlupakan ini. Rekaman acara sidang Parlemen Remaja 2013 ditayangkan di TVRI pada hari Senin, 4 November 2013 pukul 08 pagi silam dan ditampilkan pula di Metro Tv.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar