Selasa, 27 Maret 2012

Studi Ilmiah Santri Kelas 10 Ke Bandung


Serang (23/03) – Pekan ini giliran santri-santri kelas 10 yang melakukan perjalanan studi ilmiah ke luar Propinsi, tepatnya Bandung ibukota Jawa Barat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Bandung merupakan kota dengan segudang tempat artistik dan merupakan salah satu kota barometer kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.
Rombongan santri Nurul Fikri Boarding School (NFBS) kelas 10 ini diberangkatkan secara bersamaan antara santri tholib (putra) dan santri tholibah (putri), tapi berangkat dengan bus terpisah. Mereka berangkat hari Senin pagi pukul 06.00 WIB dan sampai di kota Bandung siang hari. Tempat yang pertama kali dikunjungi adalah Gedung Sasana Budaya Ganesha (SABUGA). Di sini mereka menyaksikan pemutaran film 3 dimensi yang bias ditonton tanpa menggunakan kaca mata khusus dengan layar berbentuk parabola.
Seusai pemutaran film 3D, tujuan selanjutnya adalah galeri seni yang terletak di lantai dasar gedung SABUGA ini. Di mana banyak sekali karya-karya seni menakjubkan dari tanah pasundan. Kemudian rombongan dipecah menjadi dua gelombang, santri tholib menuju Pesantren Darut Tauhid di Gegerkalong sementara rombongan santri tholibah bergegas ke Cihampelas. Menjelang malam hari rombongan kembali bersatu di kawasan DT dan hadir pula para alumni NFBS yang sekarang kuliah di perguruan tinggin di sekitar Bandung dan sekitarnya lalu rombongan menginap di dalam area Pesantren Darut Tauhid.
Esok paginya mereka berangkat ke Museum Geologi, di sana para santri mendapatkan banyak ilmu tentang Geologi secara lengkap disertai dengan media pembelajarannya yang tersedia super lengkap. Siang harinya rombongan kembali dipecah, santri tholib ke Saung Angklung Mang Udjo sedangkan santri tholibah ke Balai Besar Pulp dan Kertas (BBPK) di kawasan Dayeuhkolot. Di Saung Angklung Mang Udjo para santri disajikan berbagai pentas seni serta pelatihan cara membuat Angklung serta cara memainkan alat music tradisional Jawa Barat ini.
Para santri tholibah yang kemudian bergerak ke Saung Angklung Mang Udjo untuk bergabung, lalu pada hari Selasa sore itu kembali ke NFBS. (TA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar