Selasa, 26 Maret 2013

Santri SMA Islam NFBS Di Final ISPO 2013


Depok – Satu tim SMA Islam NFBS berhasil lolos ke final Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2013. Tim ini terdiri dari dua orang santri kelas 10, mereka adalah Areta Nur Salsabila Jati dan Faiqotul Himmah dengan Guru pendamping, Ustadz Adha Firmansyah. karya mereka yang berjudul “Automation Cigarette Smoke Filtration System Based Sansivieria” bertemakan lingkungan hidup juga direncanakan untuk tampil dalam ajang International Environmental Project Olympiad (Inepo - Euroasia) di Eropa, tepatnya di Azerbaijan pada bulan April 2013 mendatang.
Final ISPO 2013 dilaksanakan di Gedung Balairung Universitas Indonesia pada tanggal 26-28 Februari 2013. Sebanyak 150 tim finalis dari seluruh Indonesia unjuk kebolehan mereka dalam membuat proyek sains yang dikelompokan dalam beberapa kategori. Seperti : Lingkungan Hidup, Biologi, Kimia, Fisika, IT dan Teknologi Terapan. Seluruh peserta yang mengikuti babak penyisihan lebih dari 1000 tim.
Sebelum lolos ke final ISPO, para peserta terlebih dahulu diseleksi berdasarkan proyek sains berbentuk karya tulis ilmiah yang mereka kirimkan ke panitia ISPO 2013. Lalu kemudian penelitian-penelitian tersebut diseleksi berdasarkan keunikan dan orisinalitas ide. Para juara ISPO akan diikutsertakan dalam ISPO tingkat Internasional.
Proyek penelitian sains yang dilakukan oleh tim SMAI NFBS ialah pembuatan ruang filtrasi asap rokok berbasiskan tanaman Sansiviera atau yang dikenal dengan tanaman Lidah Mertua. Ide ini muncul berdasarkan rasa keprihatinan mengenai jumlah perokok aktif di Indonesia dan dampak yang merugikan bagi para perokok pasif. Tujuan dari proyek sains ini adalah untuk meminimalisir dampak buruk dari asap rokok bagi lingkungan disamping itu upaya edukasi tentang bahaya rokok harus terus digalakan.
Semoga usaha oleh santri-santri SMA Islam NFBS di ISPO 2013 ini dapat meraih hasil maksimal dan tentu saja, hasil penelitian mereka dapat bermanfaat sebesar-besarnya bagi sesama. Di SMA Islam NFBS setiap tahun para santri kelas 11 diwajibkan untuk membuat karya ilmiah sebagi syarat kenaikan kelas. Maka, para santri tidak asing dengan dunia penelitian. [ta]

Sumber : www.nfbs.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar