Selasa, 26 Maret 2013

Santri Kelas 11 SMAI NFBS Kunjungan Ilmiah Ke Yogyakarta


Yogyakarta – Kunjungan ilmiah santri kelas 11 SMA Islam NFBS kembali membidik kota pelajar Yogyakarta sebagai tujuan. Hampir seluruh santri kelas 11 ikut serta dalam rangkaian kunjungan selama 4 hari ini dari tanggal 6-9 Maret 2013. Berbagai tempat dikunjungi oleh rombongan NFBS, mulai dari Candi Borobudur, Ketep Pass, Sentra Batik Luwes, Dagadu, Universitas Gadjah Mada dll.
Rombongan berangkat dari NFBS, Rabu (6/3) sekitar pukul 11 siang dengan menggunakan dua bus besar terdiri dari santri tholib dan tholibah secara terpisah dan didampingi beberapa guru pendamping. Setelah menempuh perjalanan selama 18 jam perjalanan, akhirnya tiba di lokasi tujuan pertama kunjungan ilmiah ini yaitu Candi Borobudur, di sana para santri ditugaskan untuk meneliti objek bersejarah tersebut serta berinteraksi dengan wisatawan asing untuk memperlancar kemampuan bahasa inggris mereka.
Lokasi tujuan selanjutnya adalah Ketep Pass yang merupakan tempat pengamatan Gunung Merapi. Di tempat tersebut, anak-anak santri melihat secara langsung Gunung Merapi dari dekat serta menyaksikan video rekaman bencana ledakan Gunung Merapi beberapa tahun silam. Perjalanan kemudian berlanjut ke Sentra Batik Luwes, santri berkesempatan membuat batik tulis dan menambah wawasan tentang batik.
Malam harinya, rombongan menuju Hotel dengan agenda pertama yaitu temu alumni NFBS yang sekarang mengenyam pendidikan di Universitas sekitar Yogyakarta. Para alumni dengan antusias menceritakan seputar dunia perkuliahan di Yogyakarta dan pengalaman mereka menjaga nilai-nilai Islam dalam lingkungan sehari-hari. Setelah acara temu alumni selesai, kemudian seluruh anggota rombongan beristirahat.
Keesokan harinya agenda diawali dengan sholat shubuh berjama’ah serta dzikir pagi bersama. Tempat yang pertama dikunjungi di hari terakhir ini adalah Universitas Gadjah Mada, kunjungan ilmiah kali ini juga dimanfaatkan untuk kunjungan kampus yang akan menjadi referensi bagi para santri untuk kelanjutan studi mereka nanti setelah lulus dari NFBS. Kemudian dilanjutkan kunjungan ke Malioboro serta benteng Vredeburg untuk menambah wawasan sejarah perjuangan para pahlawan. Setelah itu rombongan bergegas kembali ke NFBS.
Semoga kunjungan ilmiah kali ini dapat memberi banyak kesan positif serta menambah banyak wawasan kepada para santri. Kunjungan ilmiah seperti ini bermanfaat banyak bagi santri kerna mereka tidak hanya mendapatkan pembelajaran secara teori saja, akan tetapi mereka mendapatkan pengalaman langsung yang tentunya akan dapat diingat dalam jangka waktu yang lebih lama. [ta]

Sumber : www.nfbs.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar